Beranda | Artikel
Talbis Iblis Terhadap Para Ahli Qiraat dan Qari
Senin, 20 September 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Talbis Iblis Terhadap Para Ahli Qira’at dan Qari’ adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 13 Safar 1443 H / 20 September 2021 M.

Kajian Islam Tentang Talbis Iblis Terhadap Para Ahli Qira’at dan Qari’

Tentunya di antara makar dan tipu daya iblis adalah mengalihkan manusia dari perkara yang lebih penting kepada yang tidak penting. Di antara kelalaian yang tidak bisa diterima oleh akal adalah menyia-nyiakan usia dengan melakukan satu perbuatan padahal ada perkara lain yang jauh lebih penting. Tentunya kita harus mengetahui skala prioritas dari amal-amal yang Allah Subhanahu wa Ta’ala wajibkan atas kita.

Di antara manusia ada yang menghabiskan umurnya untuk satu perkara yang kurang penting dan melalaikan perkara-perkara yang jauh lebih penting. Misalnya seseorang sibuk dalam perkara-perkara yang mustahabbat lalu dia melalaikan perkara-perkara wajibbat.

Misalnya orang-orang yang mengabaikan tadabbur Quran lalu menghabiskan waktu untuk memperbagus bacaan. Dia mengabaikan perkara yang jauh lebih penting dan sibuk dengan perkara yang kurang penting. Padahal mendalami/mentadabburinya adalah inti dari interaksi dengan Al-Qur’an. Karena tujuan Al-Qur’an diturunkan adalah untuk diamalkan. Dengan tadabbur kita bisa memahami, dan dengan pemahaman yang benar kita bisa mengamalkannya dengan benar.

Al-Hasan Al-Bashri berkata: “Al-Qur’an diturunkan untuk diamalkan, namun manusia menjadikan bacaannya sebagai amalan.” Maksudnya adalah mereka hanya membaca tanpa mengamalkan kandungan Al-Qur’an. Ini merupakan salah satu bentuk talbis yang dilakukan oleh iblis kepada manusia.

Contoh lainnya adalah seseorang membaca qira’at-qira’at yang tidak masyhur/asing lalu menjauhi qira’at yang mutawatir dan masyhur. Dia menampilkan bacaan-bacaan yang tidak umum dan meninggalkan bacaan-bacaan yang sudah mutawatir. Tujuannya adalah untuk menampakan sesuatu yang aneh dan unik. Sehingga mendulang simpati dan sanjungan dari manusia. Supaya dikatakan dia adalah orang yang mendalami Al-Qur’an dan ahli qira’at.

Ada di antara mereka yang menggabungkan ayat-ayat sajdah dan dibaca secara khusus. Tentunya itu tidak mengikuti tertib Al-Qur’an. Mereka melakukan itu tujuannya adalah untuk mengejar sujudnya tanpa mengindahkan kaidah-kaidah bacaan yang benar.

Bagaimana penjelasan talbis iblis terhadap manusia dalam berbagai disiplin ilmu? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50726-talbis-iblis-terhadap-para-ahli-qiraat-dan-qari/